Review Toyota Innova Venturer, Pilihan Tepat untuk Mobil Keluarga

 


Sudah lebih dari tiga dekade Toyota Innova mengaspal di Indonesia. Tidak mau merasa puas, hingga saat ini Toyota Innova terus gencar melakukan pembaruan agar tidak tertinggal oleh perkembangan zaman. Salah satu bukti dari pembaruan tersebut adalah Toyota Innova Venturer. Bisa dikatakan Innova Venturer ini adalah varian tertinggi dari Toyota Innova.

Banyak sekali perubahan yang terjadi, mulai dari sisi interior hingga eksteriornya. Innova Venturer seakan-akan ingin meninggalkan kesan MPV yang jadul dengan memberikan aksen-aksen yang lebih mewah dengan fitur-fitur yang modern. Dengan begitu, segmentasi pasar yang diincar pun mulai berubah menjadi kalangan menengah ke atas.

Eksterior Toyota Venturer

Ketika pertama kali melihat Innova Venturer, mungkin Anda akan sedikit kesulitan untuk membedakannya dengan Innova biasanya jika tidak melihat pada emblem belakangnya. Menggunakan basis dari Innova Reborn, desain dari Innova Venturer ini memang agak mirip. Perbedaan yang cukup bisa dilihat adalah aksen krom dan juga panel body hitam doff.

Meski menyasar kalangan menengah ke atas, Innova Venturer tetap hadir untuk orang yang tidak bisa beralih dari keluarga Kijang. Inilah sebabnya Innova Venturer masih tetap mempertahankan gaya minibus dengan sasis ladder frame. Toyota telah merancang mobil ini dengan menggunakan konsep semi SUV untuk mendapatkan kesan macho. Kaca pada headlamp dibuat gelap dengan lampu hexagonal multi reflektor.

Interior Toyota Venturer

Setelah mengetahui eksteriornya, selanjutnya adalah bagian interior. Innova Venturer telah dibekali dengan black leather seat yang memberikan kesan elegan dan mewah. Walaupun tampilan bagian luarnya kurang menarik, namun Innova Venturer tetaplah menjadi MPV dengan kenyamanan yang di atas rata-rata.

Konsep interior dari Innova Venturer ini adalah seperti sebuah ruang keluarga dengan menggunakan ambient light. Pencahayaan dapat diatur sesuai mood atau selera penggunanya. Di bagian tempat duduk, jok Venturer sudah menggunakan bahan kulit yang nyaman untuk penumpang. Sedangkan di bagian dashboard sudah menggunakan panel kayu layaknya mobil-mobil Eropa.

Fitur Hiburan Toyota Venturer

Toyota Innova sepertinya memang didesain khusus sebagai mobil keluarga yang siap untuk menemani perjalanan jauh. Oleh karena itu, mustahil bagi Venturer untuk melupakan sisi hiburannya. Adanya tombol steering switch di bagian kemudi membuat pengemudi mudah untuk mengatur audio, mengakses menu di MID, dan juga melakukan telepon.

Menariknya, penumpang juga bisa leluasa menggunakan laptop di dalam mobil karena sudah ada fitur seatback table. Jadi, bagi Anda yang memiliki beberapa urusan yang harus diselesaikan menggunakan laptop bisa mengurusnya di perjalanan.

Innova Venturer juga telah mempunyai fitur rear seat console tray dengan port 12 V yang sekaligus bisa dipakai sebagai charger ponsel. Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan daya saat melakukan perjalanan jauh. Jika masih merasa kurang, Venturer menyediakan head unit ukuran 8 inci yang sudah mendukung voice command dan miracast.

Performa Toyota Innova Venturer

Sepertinya mobil dengan fitur hiburan lengkap tidak akan sempurna jika performanya kurang maksimal. Beruntungnya, Venturer sudah memperhitungkan hal tersebut. Venturer memiliki dua pilihan mesin, yakni mesin diesel 2.400 cc dan mesin bensin 2.000 cc. Selain itu, ada pula pilihan transmisi 5 percepatan dan 6 percepatan.

Mesin Venturer memakai tipe 1TR-FE dual VVT-I yang mampu menghasilkan tenaga hingga 139 Hp di 5.600 rpm dengan torsi maksimum 176 Nm di 4.000 rpm. Sedangkan untuk mesin diesel menggunakan mesin 2GD-FTV 2,4 liter yang mampu menghasilkan tenaga 149 Hp di 3.400 rpm dengan torsi maksimum 359 Nm di 2.800 rpm.

Harga Innova Venturer

Sesuai dengan pangsa pasar kalangan menengah ke atas, harga Innova Venturer bisa dikatakan cukup sebanding dengan fasilitas yang ditawarkan. Baik dari tipe mesin bensin maupun diesel berada di kisaran 430-495 juta rupiah. Harga ini sepertinya tidak terlalu berbeda dengan berbagai mobil yang berada di kelasnya.

Jika Anda tertarik untuk meminang Innova Venturer ini, Anda bisa mengunjungi Toyota Astrido. Melalui websitenya di www.toyotaastrido.co.id, Anda bisa kredit Innova dan mendapatkan Venturer ini sebagai teman perjalanan bersama keluarga. Andai pun Anda ingin membeli produk Toyota lainnya, Anda juga bisa melihatnya di website tersebut.