Apa Itu Printer A3 dan Perlukah Membelinya?


 Pada umumnya printer yang sering ditemui adalah printer dengan ukuran standar yang hanya bisa mencetak pada kertas berukuran A4. Atau jika ukuran kertas lebih besar sekali pun, tidak akan bisa mencetak di kertas yang berbeda terlalu jauh. Lalu bagaimana jika perlu mencetak di kertas yang lebih besar?

Misalnya seperti kertas berukuran A3. Untuk masalah tersebut, maka printer A3 murah adalah solusinya.

Sesuai namanya, printer A3 adalah printer yang bisa mencetak di atas kertas dengan ukuran maksimal A3 (42 x 29,7 cm). Jenis printer ini umumnya digunakan untuk mencetak poster, foto, atau selebaran. Anda juga bisa menggunakan printer ini untuk mencetak materi presentasi jika dibutuhkan. 

Karena ukuran kertasnya yang lebih besar dibandingkan dengan kertas A4, maka informasi yang diberikan dalam cetakan ini bisa lebih detail. Inilah salah satu alasan printer A3 sangat populer digunakan untuk mencetak poster atau proyek visual kreatif lainnya.

Lalu, apakah printer A3 hanya dapat digunakan untuk print saja? Ternyata tidak, lho!

Sama halnya dengan printer A4, printer A3 ini juga tersedia dalam tipe multifungsi. Artinya, selain fitur mencetak printer juga bisa digunakan untuk melakukan fotokopi, faks, maupun scan. Sayangnya, printer ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal jika dibandingkan dengan printer A4 dan tidak bersifat portable. Inilah yang membuat printer A4 lebih banyak digemari dibandingkan dengan printer ini.

Namun, untuk Anda yang sering mencetak dengan menggunakan kertas A3 untuk kebutuhan perusahaan, kedua kekurangan tersebut tentu bukanlah masalah. Sebab, jika Anda bandingkan dengan biaya transportasi dan biaya mencetak per lembar di jasa percetakan, maka bisa jadi total biaya jangka panjang yang harus dikeluarkan lebih besar. 

Belum lagi waktu yang terbuang untuk urusan tersebut, dari mulai perjalanan ke tempat percetakan, waktu untuk mengantri, dan perjalanan kembali. Lebih parahnya lagi jika ketika proses mencetak sudah selesai, ternyata baru disadari ada kesalahan dan harus mencetak ulang kembali. 

Pastinya akan sangat merepotkan dan boro waktu serta biaya jika harus dikerjakan oleh pihak lain. Itulah sebabnya, untuk usaha dengan kondisi seperti itu, membeli printer sendiri sangat disarankan.