Fungsi, Jenis, dan Cara Kerja Web Hosting yang Utama



Hosting merupakan sebuah tempat penyimpanan semua kebutuhan website agar dapat online. Keberadaan web hosting ini akan sangat membantu untuk Anda yang menggunakan website sebagai media bisnis. Berikut fungsi penting dan cara kerja web hosting yang akan sangat membantu.
Fungsi Utama Web Hosting
Pertama, fungsi dari web hosting adalah membantu orang banyak untuk mengakses data informasi yang Anda berikan dengan mudah. Di mana cara aksesnya lewat alamat atau link website yang diberikan.
Kedua, fungsi dari web hosting adalah sebagai redireksi dari sebuah DNS. Di mana saat ada seseorang yang ingin mengakses situs Anda maka akan secara langsung mengakses link hosting yang digunakan. Jadi, jika Anda sudah terdaftar DNS tetap harus dimasukkan ke dalam web hosting agar tidak mengalami error saat diakses.
Ketiga, fungsi dari web hosting akan membuat website Anda selalu dalam keadaan aktif. Jadi bisa diakses kapan saja tanpa adanya masalah dan selalu terlihat online. Anda sebaiknya menggunakan web hosting berbayar agar tidak mengalami masalah yang tidak diinginkan. Apa lagi jika web hosting digunakan untuk keperluan bisnis.
 Keempat, fungsi dari web hosting adalah untuk membantu Anda lebih mudah mengelola dan mengakses website. Di mana kelebihannya server website tidak akan mudah down dan bisa diakses 24 jam kapan saja diinginkan.
Jenis-Jenis Web Hosting
1.      Shared Hosting
Web hosting yang menjadi pilihan bagi Anda dengan budget kecil. Di mana hosting ini bisa digunakan bersama-sama. Hanya saja fungsi dari hosting ini terbatas hak aksesnya ke server. Seringnya mengalami masalah berupa overload. Ini hosting yang hanya cocok untuk website non bisnis.
2.      Cloud Hosting
Jenis lainnya adalah cloud hosting yang stabil dan sumber dayanya tidak terbatas. Anda tidak akan kecewa jika memilih menggunakan hosting jenis ini karena server bisa berinteraksi dengan mudah sekalipun digunakan bersama-sama.
3.      Virtual Private Server
Buat Anda yang memiliki banyak pengunjung website maka hosting ini adalah pilihan paling tepat. Terkhusus untuk yang menggunakannya sebagai media bisnis. Anda memiliki hak penuh untuk pengaturan servernya. Hanya saja biaya sewa hosting ini jauh lebih mahal daripada jenis lainnya sesuai dengan fungsi yang akan didapatkan.
Cara Kerja Web Hosting
Hosting ini merupakan sebuah situs web yang dibuat untuk menyajikan situs website yang terbaik kepada para pengunjung. Di mana komponen utamanya harus ada server web dan nama domain untuk bisa membuatnya. Di mana cara kerjanya dimulai ketika melakukan akses ke website baik menggunakan IP Address atau nama domain melalui browser.
Nantinya internet akan bekerja mengirimkan permintaan akses kepada server hosting yang dikunjungi. Selanjutnya cara kerjanya server akan mengirimkan informasi file yang diminta. Di mana hasilnya akan ditampilkan dalam bentuk tulisan dan gambar yang sudah dirancang. 
Cara Memilih Hosting yang Berkualitas 
1.      Diskspace
Melihat dari fungsi dan cara kerja web hosting maka cara memilih hosting yang berkualitas adalah memilih kapasitas disk space yang sesuai kebutuhan. Pastikan sudah menggunakan SSD yang lebih cepat 8 kali dibandingkan HDD.
2.      Bandwidth
Selanjutnya memperhatikan bandwidth layanan hosting yang digunakan adalah besar, sehingga website bisa loading dengan cepat. Server akan bekerja dengan cepat tanpa membuat pengunjung menunggu lama saat mengakses website Anda. Ini sangat penting bagi Anda yang website digunakan berbisnis.
3.      Random Access Memory (RAM)
Cara memilih web hosting berkualitas berikutnya dengan melihat kapasitas Ram. Pilihlah penyimpanan RAM ini besar dan sesuai dengan kebutuhan website. Pertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan.
4.      Entry Process (EP) dan I/O
Entry Process (EP) saat menggunakan hosting menjadi tolak ukur untuk menghitung banyaknya script website yang diproses dalam satu waktu. Ini sangat membantu Anda dalam mengurus website agar tertata dengan rapi. Tidak lupa pula dengan memperhatikan kecepatan dari input dan output hosting yang akan dipilih.
Informasi tentang web hosting tentu sangat membantu Anda yang ingin mengembangkan penggunaan website sebagai media bisnis. Pastikan menggunakan hosting yang sesuai kebutuhan website dan kualitasnya terpercaya. 
Pastikan hosting yang dipilih nantinya memiliki proteksi keamanan yang terjamin seperti yang tersedia di  www.domainesia.com/hosting .