Cara Mencegah Penularan Penyakit Aids

Ilustrasi Virus Yang Bersarang Di Dalam Tubuh Cara Mencegah Penularan Penyakit AIDS

- AIDS atau kepanjangan dari Acquired Immuno Deficiency Syndrome, terdiri dari Acquired berarti sesuatu yang sanggup diperoleh, Immuno Deficiency berarti kekebalan yang rapuh, dan Syndrome berarti penyakit, sehingga sanggup diartikan sekumpulan tanda-tanda atau benjol atau biasa disebut syndrome yang diperoleh tanggapan rusaknya sistem imun (kekebalan tubuh) insan tanggapan benjol virus HIV, sehingga pengidap AIDS gampang sekali terjangkit penyakit yang berbahaya.

Nah, sebelum kita pelajari bagaimana cara mencegah munculnya penyakit AIDS, maka alangiah baiknya kita kenali terlebih dahulu faktor penyebabnya dan bagaimana penularannya, yakni sebagai berikut.
 

Faktor penyebab penyakit AIDS:


AIDS disebabkan oleh virus yang disebut HIV (Human Immuno Deficiency Virus). Virus ini menyerang sel darah putih tertentu di dalam badan manusia, dimana sel putih ini berfungsi sebagai sistem kekebalan badan ialah menangkal benjol atau serangan penyakit terhadap tubuh. Apabila virus HIV bersarang dalam sel darah putih dan merusak sel darah putih, maka badan akan menjadi lemah dan gampang terjangkit penyakit. Untuk mengetahui apakah seseorang dinyatakan positif menderita AIDS, harus dilakukan investigasi laboratorium terhadap banyaknya jumlah sel T pada darahnya.

Proses penularan penyakit AIDS:


Virus HIV sanggup berpindah atau menular dari seseorang ke orang lain. Penularan AIDS tidak menyebar melalui udara atau lantaran berjabat tangan dengan penderita AIDS. AIDS juga tidak menular melalui peralatan makan penderita AIDS, tetapi virus HIV ini sanggup menular masuk ke dalam badan orang lain melalui transfusi darah (donor darah dari seseorang yang terinfeksi HIV), atau melalui alat-alat yang menjadikan luka, menyerupai jarum suntik dan jarum infus, serta sanggup juga melalui kontak intim, khususnya berkontak dengan penderita penyakit AIDS atau berganti-ganti pasangan tanpa ada ikatan yang sah (menikah).

Upaya pencegahan terhadap penyakit AIDS:


Bagi kita yang masih dianugerahi kesehatan oleh Sang Pencipta Yang Maha Kuasa, maka sebaiknya kita pelajari dan lakukan perjuangan untuk menghindari penyakit ini dengan cara mencegah penularan virus HIV, antara lain:
  • Apabila kita memakai jarum suntik, gunakanlah jarum suntik yang steril dan jarum yang sekali pakai kemudian dibuang.
  • Memeriksa darah terlebih dahulu sebelum melaksanakan transfusi darah, sehingga darah sanggup dipastikan tidak terinfeksi virus HIV.
  • Hendaknya kita melaksanakan kontak intim hanya dengan pasangan yang sah (telah melaksanakan penikahan yang sah antar pasangan).
  • Menghindari hubungan intim secara bebas dengan orang yang menderita penyakit ini.
  • Menghindari hubungan intim dengan orang yang pencandu obat-obat terlarang (narkoba).
  • Menjaga kesehatan sistem reproduksi.

Nah, itulah artikel tentang "Cara Mencegah Penularan Penyakit AIDS". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, sanggup menghubungi Admin di sajian yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan sanggup membawa imbas yang baik.

"Gambar dan isi goresan pena di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari banyak sekali sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik itu maksud dari isi postingan ini atau kesalahan apapun. Bijaklah dan selalu berguru untuk mengambil sisi positifnya ya sob!"

Kata kunci terkait pada artikel ini:

Tips mencegah dan menghindari penyakit AIDS