Adab Dalam Memakai Kamar Mandi

 tentunya kita sebagai insan tidak terlepas dari pemakaian daerah yang satu ini Adab Dalam Menggunakan Kamar Mandi
- Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya kita sebagai insan tidak terlepas dari pemakaian daerah yang satu ini, yakni kamar mandi atau toilet. Baik tujuannya untuk membersihkan diri, bersuci ataupun membuang hajat. Dalam penggunaan kamar mandi, dihentikan kita menggunakannya dengan seenaknya atau sesuai kehendak kita, alasannya ada adat atau aturan-aturan dalam pemakaian kamar mandi yang harus kita patuhi dan jalankan biar kita mendapat kebaikan karenanya. Dengan demikian, maka sudah selayaknya kita memperhatikan adat dalam menggunakan kamar mandi, baik itu memasukinya, berada di dalamnya, maupun ketika hendak keluar darinya yang telah dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sebagai suri teladan yang paling baik, yakni sebagai berikut.

Adab dan etika menggunakan kamar mandi

  • Membaca Doa. Dari Anas radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam disaat memasuki kamar mandi, maka ia mengucapkan doa berikut. “Allahumma Innii a’uudzubika minal khubutsi walkhabaaits” (Ya Allah, gotong royong saya berlindung kepada-Mu dari godaan syetan pria dan syetan perempuan). (Hadits riwayat Bukhari dan Muslim).
  • Mendahulukan kaki kiri ketika memasuki kamar mandi. Karena Rasulullah selalu mendahulukan sebelah kiri dalam kasus yang buruk.
  • Dianjurkan menggunakan ganjal kaki ketika memasuki kamar mandi.
  • Tidak berbicara ketika berada di kamar mandi. Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: ”Bila dua orang diantara kau buang air, hendaklah saling membelakangi dan jangan berbicara. Karena sesunguhnya Allah marah akan hal itu.”
  • Disunahkan berdehem sebanyak tiga kali sehabis buang air kecil, biar semua kotoran keluar.
  • Tidak menghadap maupun membelakangi arah kiblat, ketika buang air kecil maupun air besar. Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam Bersabda: “Bila kau mendatangi daerah buang air, janganlah menghadap kiblat atau membelakanginya.“ (Hadits riwayat Bukhari dan Muslim).
  • Tidak menjawab salam ketika berada di dalam kamar mandi.
  • Tidak membawa maupun membaca ayat-ayat Al-Qur'an maupun hadits atau lafadz Allah dan Muhammad di dalam kamar mandi.
  • Tidak mandi berduaan di dalam kamar mandi (terkecuali suami-isteri).
  • Tidak makan dan minum ketika berada di dalam kamar mandi.
  • Beristinja (bersuci sehabis buang air kecil maupun air besar) dan berhati-hati dengan percikan najis. Dalam salah satu hadits dikatakan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabada: "Bersihkanlah diri dari kencing. Karena kebanyakan siksa kubur berasal dari bekas kencing tersebut.”
  • Memakai tabir penghalang biar tidak terlihat oleh orang lain. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam Bersabada: “Bila kau buang air hendaklah beristitar (menutup tabir). Bila tidak ada tabir maka menghadaplah ke belakang.” (Hadits riwayat Abu Daud dan Ibnu Majah).
  • Tidak berlama-lama di dalam kamar mandi, usahakan selekas atau sesegera mungkin kita menuntaskan hajat maupun mandi di dalamnya. Jika sudah final segeralah keluar.
  • Mendahulukan kaki kanan ketika keluar dari kamar mandi. Karena Rasulullah selalu mendahulukan sebelah kanan dalam kasus yang baik.
  • Membaca doa sehabis keluar kamar mandi, alasannya pada ketika keluar dari kamar mandi, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam mengucapkan doa berikut. “Ghufraanaka” (Ya Allah saya memohon pengampunan-MU).

Pesan terkait penggunaan kamar mandi


Dalam menggunakan kamar mandi hendaknya kita harus selalu menjaga kebersihan dan kesucian. Dan untuk menjaga kebersihan dan kesucian itu, tentunya kita perlu memperhatikan segala sesuatunya atau adab-adab yang telah dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, sehingga apa yang kita lakukan itu akan menjadi ibadah dan mendapat ganjaran atau akibat yang baik dari Allah Subhanahu wa Ta’ala dan mendatangkan berkah.

Nah, itulah artikel tentang "Adab Dalam Menggunakan Kamar Mandi". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, sanggup menghubungi Admin di sajian yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan sanggup membawa efek yang baik. Wallahu a'lam bisshawab

"Gambar dan isi goresan pena di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari aneka macam sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik itu maksud dari isi postingan ini atau kesalahan apapun. Bijaklah dan selalu berguru untuk mengambil sisi positifnya ya sob!"

Kata kunci terkait pada artikel ini:

Aturan yang perlu diketahui ketika hendak menggunakan toilet / WC